Thursday, August 14, 2008

JT Sebar 19 Ribu Jamaah Dakwah


Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Tuesday, 12 August 2008
Sekitar 19 ribu peserta Ijtima Jamaah Tabligh (JT) di kawasan Bumi Serpong Damai, Tanggerang akan disebar ke seluruh penjuru dunia

ImageHidayatullah.com--Lebih dari 19 ribu jamaah dakwah disebar dari Ijtima (pertemuan tahunan) Jamaah Tabligh (JT) tahun 1429 H/2008 M. Demikian laporan yang dibacakan pada acara puncak Ijtima di kawasan Bumi Serpong Damai, Tanggerang, Banten 10/8 kemarin.

Jumlah jamaah tersebut, menurut pembaca laporan, adalah jumlah dari lima rangkaian Ijtima yang digelar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa dan Bali, serta Jawa. Tiap jamaah rata-rata terdiri dari 10 orang. Mereka akan dikirim untuk berdakwah ke seluruh Indonesia, negeri jiran, India-Pakistan-Bangladesh, Timur Tengah, bahkan ke negeri-negeri Barat.

Massa dakwah (khuruj) yang dijalani jamaah cukup variatif. Ada program satu tahun (khusus untuk para ustadz), empat bulan, 40 hari, 20 hari, 10 hari, sepekan, hingga 3 hari (untuk pemula).

Abdurrahman, salah seorang penanggung jawab Ijtima asal Jawa Tengah mengatakan, hakikat dari dakwah ini bukan untuk memperbaiki orang lain semata.

“Tapi untuk ishlah (perbaiki) diri. Berkorban untuk agama dengan harta dan diri sendiri,” ujarnya.

Lamanya program, seperti 1 tahun, 4 bulan, dsb, lanjut Abdurrahman, bukan tujuan khuruj. “Itu cuma latihan saja,” katanya. “Tujuan dari program ini adalah untuk menjadikan agama dan dakwah sebagai maksud umat Islam.”

Selepas khuruj, masing-masing individu diharap bisa melakukan dakwah dilingkungannya. Memakmurkan masjid. Minimal untuk diri dan keluarganya sendiri. [surya/www.hidayatullah.com]

0 Komentar:

Post a Comment

<< Home