Tuesday, December 2, 2008

Amerika memasuki resesi

Amerika Resmi Memasuki Resesi, Pengangguran Salah Satu Faktor Pemicunya
Amerika Serikat kini resmi memasuki resesi, kata komite pakar ekonomi terkemuka. Biro Nasional Riset Ekonomi mengatakan, ekonomi Amerika telah merosot sejak mencapai puncaknya pada Desember 2007.
Kesimpulan komite pakar ekonomi tersebut secara umum diterima sebagai kesimpulan resmi mengenai apakah resesi telah mulai terjadi. Menurut sumber BBC, pengangguran menjadi salah satu faktor penentu resesi di Amerika tersebut
Para ekonomi di biro itu mengukur bobot sejumlah faktor untuk menentukan apakah resesi telah mulai berlangsung, termasuk angka pengangguran, produksi industri, penjualan dan pendapatan riil. Ukuran tersebut berbeda dengan definisi yang dipakai di banyak tempat lain, yaitu penurunan GDP dalam dua kuartal secara berturutan.
Jerman, Jepang, dan negara-negara di kawasan pemakai mata uang euro, Eurozone, telah dinyatakan memasuki resesi beberapa pekan lalu.
Pengumuman bahwa Amerika Serikat mengalami resesi menyebabkan harga saham di Amerika Serikat turun lagi setelah sempat menunjukkan penurunan cukup subtansial. Setelah pengumuman ini, indeks Dow Jones di bursa saham Wall Street New York turun lebih dari 5 persen.
Sistem kapitalisme yang diterapkan di dunia saat ini telah menunjukkan tanda-tanda kerusakkannya. Krisis global yang melanda dunia tersebut dipicu oleh kecacatan dari sistem tersebut. Sudah saatnya dunia beralih pada sistem ekonomi yang stabil, ekonomi Islam di bawah naungan Khilafah Rasyidah. (nl/rep/bbc)

0 Komentar:

Post a Comment

<< Home